Sorowako, 18 September 2018.  Alfira Putri Rengganis siswa kelas XII IPS 3 SMA YPS Soroako saat ini bersama 4.400 siswa dari seluruh Indonesia tengah berjuang menjadi yang terbaik dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2018 di Yogyakarta.  O2SN tahun 2018 yang berlangsung mulai tanggal 16 September  sampai  22 September 2018 ini mempertandingkan lima jenis cabang olahraga yaitu atletik, bulu tangkis, karate, pencak silat, dan renang. Berbagai jenis olahraga tersebut dibagi ke dalam beberapa kategori.

 

Alfira Putri Rengganis, lahir di Sorowako pada tanggal 8 Juli 2000. Sejak sekolah dasar telah menekuni cabang olahraga karate.  Beberapa prestasi yang telah dicapai selama menggeluti cabang olahraga karate adalah sebagai berikut :

SD                           1. Juara 1  Kejuaraan Nasional INKADO  pada tahun 2013.

                                2. Juara 1  Vale Cup Se- Indonesia Timur

                                3. Juara 3 Dandim Cup Palopo

 

SMP                        1. Juara 1 Olimpiade Olahraga  Siswa Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

                                2. Peringkat 5 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat Nasional

 

SMA                        1. Peringkat 5 Kejuaraan MENDAGRI di Lampung

                                2. Juara 1 Kejuaraan Daerah INKADO

                                3. Best of the best  Kejurnas INKADO Tahun 2017

                                4. Juara 2 Kejuaraan  FORKI ILAGALIGO

                                5. Juara 1 Olimpiade Olahraga  Siswa Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

 

Sederet penghargaan yang telah dicapai oleh Alfira bukanlah pencapaian yang didapatkan dengan mudah. Perjuangan dan latihan secara rutin adalah kunci keberhasilannya dalam menekuni olahraga yang saat ini tengah naik daun setelah perhelatan akbar ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang. Dan menjadi atlet yang mewakili Indonesia dalam kancah internasional adalah salah satu harapan dan cita-cita terbesar dari Alfira.

“saya berharap bisa lolos sampai tingkat internasional dan bisa membanggakan orang tua, sekolah,  dan bangsa Indonesia” ucap Alfira ketika dihubungi oleh redaksi sma.yps.sch.id kemarin disela-sela acara pembukaan O2SN kemarin di di Sportorium UMY Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

Alfira dalam kesehariannya di SMA YPS Soroako merupakan siswa yang sangat ramah dan sopan. Dalam bidang akademikpun Alfira terhitung masuk dalam kategori siswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata siswa lainnya di jurusan IPS. Di tengah-tengah kesibukan dalam mewakili sekolah, kabupaten dan provinsi dalam berbagai event, Alfira tetap dapat membagi dan menyisakan waktunya untuk mempersiapkan diri mengikuti Ujian Nasional tahun depan.

 

Setelah perhelatan O2SN di Yogyakarta, Alfira juga akan memperkuat kontingen Luwu TImur dalam  Pekan Olahraga Daerah (PORDA) tahun 2018 di Kabupaten Pinrang. Semoga sukses dan dapat meraih prestasi terbaik.

 

Berita : A.L.

Foto : Amud