Sorowako, 1 Oktober 2018. Mengantisipasi penggunaan narkoba yang akhir-akhir ini marak diberitakan mulai masuk pada dunia sekolah khususnya siswa, SMA YPS Soroako menggandeng BNK Luwu Timur dan Rumah Sakit PT. Vale Indonesia untuk melakukan tes urin kepada seluruh siswa, pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan yang rutin dilakukan pada setiap tahun ini bertujuan untuk melakukan pengontrolan terhadap kemungkinan adanya siswa yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba dan obat-obat terlarang.

 

Seluruh siswa dikumpulkan di Hall SMA YPS Soroako untuk kemudian mendapatkan penjelasan dari ketua BNK Luwu Timur dan tim dokter dari Rumah Sakit PT. Vale Indonesia tentang prosedural uji urin dan tujuannya dilakukannya uji urin. Selama lebih dari 30 menit siswa mendapatkan penjelasan tentang penyalahgunaan narkoba dan setelah itu siswa secara bergiliran diberikan botol urin yang diberikan kode nomor yang nantinya setelah terisi urin akan dikumpulkan langsung pada tempat pengetesan urin.

 

Menghindari upaya kecurangan dan untuk memastikan agar cairan yang di masukkan ke dalam botol urin adalah urin siswa itu sendiri, maka dibentuk tim yang terdiri dari guru-guru untuk mendampingi dan mengiring siswa menuju toilet. Sehingga hampir dapat dipastikan bahwa tidak terjadi kecurangan oleh siswa dalam memanipulasi cairan di dalam botol urin tersebut. Lebih dari 500 alat pengetes urin disiapkan oleh BNK Luwu Timur dan RS. PT. Vale Indonesia. Seluruh biaya tes urin dibiayai oleh BNK Luwu Timur dan Rumah Sakit PT. Vale Indonesia.

 

Hasil tes urin kemudian dalam waktu yang singkat dapat dianalisis dan hasilnya langsung dikomunikasikan dengan pimpinan sekolah. Menurut kepala SMA YPS Soroako Bapak Mahmuddin, hasil dari tes ini akan sepenuhnya dilimpahkan kepada pihak sekolah selaku penanggungawab satuan pendidikan dan jika ada hasil tes yang mencurigakan maka hasil ini akan langsung dikomunikasi dengan siswa dan orang tua. “ Alhamdulillah, akhirnya saya dapat bernafas lega setelah hasil tes urin diberikan oleh pihak BNK Luwu Timur. Hasil tes urin ini menunjukkan bahwa bisa dibilang seluruh siswa SMA YPS Soroako yang melakukan tes urin hari ini bebas dari penyalahgunaan narkoba” kata beliau saat tim redaksi http://www.sma.yps.sch.id menanyakan hasil tes urin hari ini. Hasil resmi dari tes urin ini akan dibuatkan laporan oleh BNK Luwu Timur.

 

Berita : A.L

Foto : A.L.