Salah satu siswi dari SMA YPS membawa nama sekolah ke jenjang Internasional.  Mega Arroyo Mappallawa Siswa Kelas XII MIPA SMA YPS Soroako yang berhasil lolos seleksi kegiatan Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN).

 

AYIMUN adalah program kerja tahunan dari Internasional Global Network yang akan merekrut calon delegasi dari berbagai nusantara. AYIMUN itu bisa dibilang simulasi konferensi PBB yang dimana pelajar yang berperan sebagai diplomat dari negara yang telah ditentukan yang dilaksanakan di Putrajaya, Malaysia 25-28 Agustus 2019.

 

Tujuan AYIMUN ini adalah meningkatkan pengalaman internasional dengan membawa isu internasional di abad ke 21 ini, melatih kepemimpinan, analisis, diplomasi juga skill public speaking, meningkatkan pengetahuan para delegasi tentang PBB, melatih berfikir kritis mengenai isu-isu global, dan melatih skill dalam menyelesaikan permasalahan internasional dan mengasah skill diplomasi.

 

Mega mengetahui kegiatan ini dari search lomba nasional dan internasional di internet, serta informasi dari perbincangan di grup alumni forum pelajar indonesia yang tahun lalu anggotanya ada yang ikut serta. "Sebelum pergi ke Malaysia saya membuat perencanaan dana, kemudian membuat proposal bantuan dana lalu disebar, dan kemarin sempat bertemu dengan Bapak wakil bupati" kata Mega Arroyo.

 

Menurut Rafiuddin sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan saat di temui tim media informasi sekolah mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan pencapaian yang luar biasa baik bagi ananda Mega secara pribadi begitupun sekolah yang bangga memiliki siswi dengan pembuktian prestasi di tingkat internasional semoga menjadi motivasi dan inspirasi bagi pelajar-pelajar SMA terkhusus siswa SMA YPS itu sendiri. Setidaknya selama anak-anak memiliki inisiatif dan ketekunan maka prestasi seperti ini ke depannya akan semakin banyak karena keterbukaan media informasi dan telekomunikasi mengondisikan anak-anak YPS bisa mengikuti event-event nasional maupun internasional secara rutin dan InsyaAllah dengan support dari sekolah dan orang tua mampu membuka wawasan peserta didik untuk lebih percaya diri dalam mengikuti event besar lainnya.

Penulis : Nispia Pebrianti