Invitasi Bola Basket antar pelajar SMA/SMK tingkat Sulawesi Selatan & Barat SMA YPS SOROAKO Vol. V tahun 2020 atau lebih popular dalam ikon IBB SMA YPS Soroako Vol. V 2020 akan diselenggarakan pada 20 s.d. 27 Januari 2020 di Lapangan Basket SMA YPS Soroako. Berdasarkan konfirmasi panitia pelaksana OSIS SMA YPS Soroako, saat ini telah ada 15 sekolah (termasuk Tim Basket SMA YPS Soroako) yang melakukan registrasi dalam IBB SMA YPS Soroako Vol. V tahun 2020 ini sejak dibuka panitia tanggal 6 s.d. 16 Januari 2020. Rata-rata sekolah calon peserta mengikutkan tim Putra dan tim Putri, bahkan ada sekolah yang meregistrasi sampai 3 tim sekaligus. Ke-15 sekolah tersebut berasal dari Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu, Kab. Pinrang, Kota Palopo, dan Kota Makassar. IBB Vol. V ini menjadi spesial karena Tim juara IBB 2 tahun berturut-turut (SMKN 2 Pinrang) dan Tim Juara Honda DBL 2019 (SMAN 11 Makassar) akan terlibat. Semua tim yang terdaftar akan mengikuti technical meeting yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2020 di SMA YPS Soroako. IBB SMA YPS Soroako Vol. V tahun 2020 mengangkat tema “United We Play, United We Win” dan menyiapkan tantangan lainnya bagi tim peserta dan penggemar basket yaitu Three Point ContestPhotography, dan Skill Chalanges. 


Semangat panitia penyelenggara IBB SMA YPS Soroako Vol. V tahun 2020 terpecut atas dukungan dari Yayasan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, serta Dunia Usaha dan Industri yang berdomisili dalam wilayah Soroako. Dukungan yang sangat luar biasa terhadap panitia pelaksana dari OSIS SMA YPS Soroako ini didapatkan dari Bupati Kab. Luwu Timur, KONI Lutim, PERBASI Lutim, SBA Soroako, PT. Vale Indonesia, Bank Mandiri Cab. Soroako, BNI unit Soroako, Penerbit Erlangga, serta beberapa Kontraktor Nasional dan Lokal yang berdomisili di Soroako.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan (Bapak Muhammad Rafiuddin, S.Pd., Gr.) mengonfirmasi bahwa IBB SMA YPS Soroako Vol. V tahun 2020 mendapatkan dukungan yang luar biasa dari pihak ekternal terutama Pemerintah Kab. Luwu Timur, PT. Vale Indonesia, Organisasi olah raga, serta Dunia Usaha dan Dunia Industri. Panitia secara langsung telah melakukan audiensi dengan Pejabat External Relatioan dan Coorporate Affair PT. Vale Indonesia guna membicarakan dukungan yang dapat diberikan oleh perusahaan induk YPS ini. Selain itu, panitia juga secara langsung bertatap muka dengan Bupati Luwu Timur di rumah jabatan Bupati di Malili. Bapak Ir. H. Muhammad Thoriq Husler selaku Bupati Luwu Timur bahkan langsung menyerahkan bantuan tunai kepada panitia dan menyatakan siap hadir dan membuka kegiatan IBB SMA YPS Soroako Vol. V pada hari selasa/21 Januari 2020. Bravo IBB SMA YPS Soroako, Bravo OSIS SMA YPS Soroako.