Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013 serta surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, SMA YPS Soroako melaksanakan Internal Workshop “Merdeka Belajar”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 s.d. 24 Januari 2020 di SMA YPS Soroako.

 

Internal Workshop Merdeka Belajar bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang konsep merdeka belajar yang telah dipublish oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 11 Desember 2019 lalu. Lebih dari itu, internal workshop merdeka belajar menjadi wadah bagi Guru dalam melatih menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menumbuhkan kegemaran belajar dan berinovasi bagi guru dan peserta didik sehingga dapat menjadi budaya sekolah (culture of learning & culture of innovation).

 

Internal Workshop Merdeka Belajar difasilitasi langsung oleh Bapak Mahmuddin S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah dan diikuti oleh semua tim Guru mata pelajaran SMA YPS Soroako. Kegiatan ini telah menghasilkan produk berupa format standar RPP sekolah serta Panduan Pengembangan RPP Merdeka Belajar yang akan digunakan secara fleksibel dalam mendukung inovasi pembelajaran oleh semua Guru mata pelajaran. Pasca Internal Workshop Merdeka Belajar selanjutnya semua tim Guru mata pelajaran menyusun/merevisi RPP yang akan digunakan selama semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. 

Salam Merdeka Belajar !