Bagi yayasan Pendidikan Soroako, tahun 1985 adalah yang penting, satu dari empat sekolah di bawah naungannnya mulai menjebolkan lulusannya. SMA YPS yang didirikan pada tahun pelajaran 1982 - 1983 telah membuktikan kemampuannya, menghilangkan keraguan masyarakat Soroako akan mutunya dan sekaligus menanamkan nama yang sejajar dengan adiknya SMP YPS (SMP Singkole) yang sejak dulu dianggap sangat bonafide oleh para orangtua murid.

 

SMA YPS yang dirintis oleh Pak Doedi Soemawidjaya, kemudian diserahterimakan kepemimpinannya kepada Pak Sunarta bulan Desember 1982, dimulai dengan 19 orang orang siswa, sebagian terbesar dari mereka lulusan SMP YPS. Dan setelah tiga tahun jumlah ini turun menjadi 15 dan berhasil lulus semuanya pada ebta/ebtanas yang baru lalu dengan hasil yang cukup memuaskan. SMA YPS merupakan jenjang terakhir yang diidamkan oleh banyak karyawan PT INCO di Soroako ini setelah SD dan SMP sudah beberapa tahun berdiri dan membuktikan diri mampu menghasilkan siswa-siswa yang berbobot. .

 

Sasaran utama mengapa SMA YPS didirikan adalah untuk memenuhi keinginan para orangtua agar anak-anak mereka tidak usah pergi ke luar soroako untuk melanjutkan pelajaran setelah lulus SMP. SMA YPS berdiri justru dalam keadaan PT INCO yang tidak menguntungkan akibat resesi dunia, hingga pengadaan guru-guru harus disesuaikan dengan keadaan keuangan Perusahaan. Ketika diresmikan sekolah ini hanya dilengkapi dengan dua orang guru tetap ditambah guru honorer 12 orang dan guru diperbantukan 3 orang. Selama tiga tahun, SMA YPS disorot dan dinilai oleh para orangtua.

 

Dilihat dari sarana SMA YPS sudah sejogyanya menghasilkan jebolan-jebolan berbobot. Beberapa laboratorium untuk mendalami sejumlah bidang studi sudah tersedia, malah lebih memadai. Kesempatan untuk berpraktek dalam bidang elektronik, automotif dan mekanikal tinggal dibutuhkan ketekunan. Sarana olahraga, dari stadion hingga kolam renang alami, Danau Matano. Semuanya sudah tersedia, yang diperlukan hanya kesungguhan di pihak siswa dan guru.

 

Hingga pada saat ini Kepala Sekolah atau para Pejabat yang ditunjuk dan telah berjasa dalam memimpin Sekolah SMA YPS Soroako, yaitu Doedi Soemawidjaya (1982) Sunarta (1983-1992) Max Kalibu (1992-1999) Abdul Madjid (1999-2005) Muhammad Muhyi (2005-2006) Muh. Tamrin (2006-2012) Judo Siswanto (2012-2017) Mahmuddin (2017-sekarang)

 

Pimpinan Kepala Sekolah : Mahmuddin, S.Pd.,M.Pd ,  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum : Andi Lukman ,S.Pd  Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana & Prasarana :Emanuel Randa  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan : Muhammad Rafiuddin.